FLASHBACK PERMAINAN JAMAN KECIL YUK

FLASHBACK PERMAINAN JAMAN KECIL YUK

Saat ini kita sudah berada di revolusi industri 4.0 di mana revolusi ini menggunakan industri digital.  Semua aktivitas kita sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. Bahkan anak-anak zaman sekarang pun lebih memilih permainan dalam bentuk video game atau gadget sebagai permainan sehari-harinya nya. 

Tidak seperti zaman dulu dimana kita sering bermain di depan rumah bersama tetangga atau dengan anak-anak yang lain. Generasi sekarang memang berbeda sekali dengan generasi pada zaman dahulu,  sekarang banyak sekali anak kecil yang sudah memegang  gadget  yang diberikan oleh orang tuanya. Ketika zaman dahulu anak yang diberi handphone oleh orang tuanya itu sekitar umur SMP atau SMA di saat mereka sudah beranjak dewasa,  karena dahulu Handphone terbilang barang yang cukup mewah dan hanya Kalangan tertentu yang bisa mempunyai handphone yang bagus.

Kemungkinan besar anak zaman sekarang kalau misalnya ditanya pernah bermain permainan tradisional pasti mereka tidak tahu apa-apa.  Karena mereka dari kecil sudah di dicekoki oleh gadget.  Bahkan kalau misalnya berkumpul dengan teman-teman yang lain satu persatu anak itu sudah memegang smartphone masing-masing,  mereka susah bersosialisasi,  susah untuk berbagi cerita,  dan susah untuk berbaur.

Sehingga alangkah baiknya apabila kita sudah memiliki anak kecil Telah dikenakan ataupun game digital lainnya.  Karena sebenarnya Indonesia mempunyai banyak sekali ragam permainan tradisional jika di oleh beberapa anak kecil yang tidak olahan diagram tersebut.

Daftar Permainan Tradisional Terbaik Masa Kecil

Berikut ini adalah permainan tradisional yang bisa kamu bersama teman-temanmu untuk mengingat masa lalu kecilmu.

1. Petak umpet

Permainan ini harus dilakukan lebih dari 3 orang.  cara main nya pun cukup mudah,  kalian lakukan gambreng atau pilih salah satu orang untuk menjadi penjaga lalu pemain lainnya harus bersembunyi di tempat yang tidak terlihat oleh penjaga.  setelah itu penjaga harus menghitung 1-10 lalu dia harus mencari pemain lain untuk ditemukan.  Bila penjaga tidak hati-hati maka pemain lain  dapat lari ke tempat penjaga tadi dan dan bila berhasil berteriak maka dialah pemenangnya. 

2. Layang-layang

Permainan ini identik dengan anak laki-laki.  biasanya permainan ini dilakukan di tempat yang luas seperti lapangan atau komplek. Bermain layang-layang merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi anak laki-laki. Apabila ada suatu layang-layang terputus maka anak-anak biasanya berlomba untuk mencari layangan itu terjatuh.

3. Bola bekel

Bola bekel ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan. Cara bermain kalian harus melempar bola ke atas mengambil beberapa benda kecil yang telah disepakati misalnya kuwuk.  di dalam permainan ini ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Apabila dalam pengambilan dana tersebut tidak bisa menang itu maka permainan dilanjutkan kepada pemain berikutnya.

4. Domikado

Domikado adalah suatu permainan yang sangat simpel dan tidak membutuhkan alat apapun. Yang kita butuhkan hanyalah pemain yang banyak dan membuat sebuah lingkaran. Apabila lingkaran sudah terbentuk maka satukanlah tangan kanan kiri dan tangan kanan setiap pemain. Lalu mereka harus menyanyikan lirik domikado mikado eska eskado eskado beya beyo cicis one two three four  sambil menepuk tangan kepada pemain lain.  apabila tepukan itu berhenti saat kata for maka orang itu gugur,  lalu permainan dilanjutkan. 

5. Balap karung

walaupun balap karung ini tidak pernah dimainkan  sehari-hari,  tapi balap karung ini merupakan permainan yang sangat identik perayaan 17 Agustus yaitu hari kemerdekaan Indonesia.  sia cara bermainnya yaitu kita harus menyiapkan karung yang kosong lalu kita hanya harus memasukkan kaki hingga pinggang ke dalam karung tersebut.  sesudah dinyatakan mulai mereka harus melompat dan bergerak secepat-cepatnya untuk memasuki garis finish.  Terkadang ada beberapa anak yang jatuh ketika balap karung sudah dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *