BERNOSTALGIA DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL YANG SUDAH JARANG DIMAINKAN LAGI

Untuk anak – anak yang lahir pada tahun 2000an mungkin sudah kurang untuk mengetahui dan memainkan permainan – permainan tradisional. Karena zaman sekarang sudah jarang anak – anak yang memainkannya, apalagi untuk di daerah perkotaan sudah jarang sekali terlihat ada yang memainkannya. Karena di daerah perkotaan lahan kosong itu sudah sangat jarang, dijadikan untuk perkantoran, mall, perumahan dan masih banyak lagi. Sehingga lapang atau persawahan seperti zaman dahulu itu sudah sangat sulit untuk ditemui. Meskipun sekarang ini digantikannya dengan sebuah taman – taman kota yang dibangun, tetapi rasanya tetap kurang. Karena tidak leluasa untuk anak – anak yang berlarian.

Padahal permainan tradisional itu sangat seru dan menyenangkan untuk dimainkan. Belum mengenal dengan yang namanya gadget dan kecanggihan teknolgi, yang sekarang menghipnotis dan memikat para anak – anak. Membuat mereka menjadi malas untuk bermain keluar dan bertemu langsung bermain bersama dengan teman – teman sebayanya. Kebanyakan sekarang anak – anak hanya berdiam di rumah dan bermain bersama dengan gadget. Bisa dibilang  menjadi kurang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung. Memang tidak semua anak – anak yang seperti itu, tetapi kebanyakan di era sekarang sudah banyak yang seperti itu.

Memang bermain permainan tradisional itu membutuhkan lahan yang tidak kecil. Karena biasanya di dominasi dengan kegiatan berlari – lari. Membuat tempat yang harus ada itu luas dan terbuka, dimainkan oleh beberapa orang yang biasanya paling sedikit oleh empat orang. Benar – benar pengalaman yang menyenangkan bila kalian yang bisa merasakan bermain permainan tradisional bersama dengan teman – teman. Meskipun berpanas – panasan bahkan bermainnya bisa lupa dengan waktu karena saking seru dan asiknya, tetapi itu tidak bisa terulang lagi sekarang. Beruntunglah untuk kalian yang bisa dan dapat merasakan bermain permainan tradisional.

Sudah banyak yang dapat mengalihkan perhatian anak – anak dalam bermain untuk era sekarang ini. Beranek macam yaitu seperti handphone, tempat – tempat umum seperti mall dan tempat bermain lainnya yang di mana lebih menarik utnuk dikunjungi dan bermain di dalamnya. Apalagi sekarang sudah banyak game – game yang menunjang anak – anak untuk memainkannya di rumah saja, seperti playstation, Nintendo, psp dan masih banyak lagi teknologi canggih lainnya yang membuat anak menjadi hanya betah berdiam di rumah saja. Meskipun bersosialisasi bersama teman itu pun hanya secara virtual saja. Padahal keuntungan dari bermain diluar ruangan dengan permainan tradisional, kamu bisa berinteraksi secara langsung, membuat badan lebih banyak bergerak dan aktif, mengenal dan belajar tentang dunia luar dan karakter secara langsung dari setiap anak – anak yang kamu temui.

Untuk kamu yang sudah pernah mengalami permainan tradisional dan merasa kangen untuk bermain lagi tetapi tidak bisa karena usia sudah semakin bertambah. Ini dia ulasan dan pilihan permainan tradisional yang menyenangkan.

1.Engklek

Memang kebanyakan untuk permainan yang satu ini dimainkan oleh para perempuan. Jadi kamu harus bisa menjaga keseimbangan karena harus lewati kotak – kotak yang sudah dibuat dengan hanya menggunakan satu kaki saja, jangan sampai keluar garis atau menginjak garis. Permainan ini sangat seru untuk dimainkan.

2.Ucing Kup

Permainan tradisional satu ini sepertinya menjadi permainan yang sangat digemari oleh anak –anak. Karena sebelum bermain kamu harus menentukan siapa yang menjadi ‘ucing’ lalu setelah itu yang menjadi ucing itu harus mengejar yang lain, dan bila akan terkena kamu harus mengucapkan kata kup untuk bisa melindungi diri kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *